Friday, August 14, 2015

SEKILAS DRONE

Apa itu Drone ???
Drone adalah Pesawat Tanpa Awak atau "UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV)" yaitu mesin terbang yang dikendalikan oleh Pilot dari jarak jauh.  Drone paling banyak digunakan untuk kepentingan Militer karena mampu melakukan pengintaian dan penyerangan.
Belakangan drone mulai digunakan untuk keperluan sipil seperti pemadam kebakaran,pemantauan lokasi yang sulit dijangkau, kotor dan membahayakan.Hingga saat ini drone juga digunakan untuk kepentingan fotographi,film,pemetaan lokasi,siaran/broadcast,dan bahkan sebagai hobbi.

Saat ini Drone bisa didapatkan dari Online Shooping, dengan berbagai macam jenis dan fungsi mulai dari harga yang murah sampai yang mahal. Jika anda ingin mencoba untuk menggunakan drone, saya menyarankan untuk terlebih dulu mencoba SYMA X5C sebagai pembelajaran dalam mengendalikan Drone. Fungsi dan spesifikasinya sudah cukup bagus. Memiliki kamera 2MP. Dalam video berikut bisa anda lihat jika belum mahir dalam mengoperasikan drone akan sering kali terbentur.




 Jika anda sudah dapat mengendalikan Drone dengan baik anda dapat memilih drone dengan kemampuan yang lebih baik lagi,misal kemampuan terbang yang jauh lebih lama, kamera 4k dan lain-lain, tentu dengan harga yang lebih mahal seperti Parrot,Phantom atau Inspire 1.




ATURAN PENGGUNAAN DRONE
Pemerintah akhirnya mengeluarkan Permenhub No.90 Tahun 2015 yang mengatur penggunaan drone, dimana ketinggian maksimal 150 pada area di luar dari 500 meter dari batas terluar kawasan terlarang dan kawasan terbatas.

Hal yang harus diperhatikan sebelum mengoperasikan Drone
  1. Bagi pemula sebaiknya berlatih dulu dengan simulator atau dengan Pilot Drone yang sudah  berpengalaman.
  2. Kuasai drone,kamera dan peralatan lainnya serta batas kemampuan dari drone.
  3. Hindari mengoperasikan drone pada cuaca yang kurang bagus (hujan,angin kencang,dll)
  4. Daerah terbang sebaiknya daerah terbuka dan disekitarnya tidak ada benda terbang lainnya seperti layangan. Hindari menerbangkan drone diantara gedung tinggi karena dapat bermasalah dengan GPS, IMU atau sensor lainnya.
  5. Jaga Jarak denga kabel,pohon, jembatan dll
  6. Hindari sinyal interferensi karena mengakibatkan gangguan pada RC dan Drone (BTS,wifi dll)
  7. Hindari Magnet Declination yaitu tempat yang harus dihindari oleh pesawat terbang atau alat terbang lainnya.
  8. Hindari dari anak-anak, karena drone ini pada dasarnya bukan mainan.
  Berikut video drone mengalami Crash diakibatkan oleh benang dari layangan









No comments:

Post a Comment